Apa Saja Ciri Ciri Pubertas Pada Perempuan

Masa pubertas tentunya akan dialami oleh setiap orang yang mulai beranjak dari masa anak-anak ke masa dewasa . Masa pubertas ini biasanya terjadi mulai umur 10-20 tahun . Untuk laki-laki , masa pubertas biasanya ditandai dengan mimpi basah , biasanya untuk perempuan ditandai dengan mulainya siklus menstruasi .

Untuk kali ini , Saya ingin lebih menfokus mengenal masa pubertas perempuan , juga ciri ciri pubertas pada perempuan . Sebab , pada masa pubertas wanita , sedikit lebih rumit dibanding laki-laki , sebab wanita akan terus mengalami siklus menstruasi sampai nantinya sudah memasuki masa monopouse dan hal ini terjadi di tiap bulannya .

Selain itu , Saya juga ingin membahas mengenai ciri fisik pubertas pada anak perempuan dan apa saja tanda ciri-ciri fisik pubertas pada anak perempuan tersebut mulai muncul . Penasaran ? Untuk itu , langsung saja simak informasi berikut ini ya !

  • Payudara Mulai Tumbuh

Ciri ciri pubertas pada anak perempuan yang pertama adalah dengan mulainya tumbuhnya payudara seseorang . Nah , biasanya payudara ini akan tumbuh secara bertahap dimulai dengan rasa nyeri sedikit di atas puting seseorang . Tumbuhnya payudara ini tak lain dan tak bukan adalah untuk tujuan menyusui saat nantinya seseorang wanita sudah memiliki keturunan . Bentuk putting payudara juga semakin membesar dan menyesuaikan dengan ukuran payudara yang juga kian membesar . Nah , untuk itu , ada baiknya anda untuk membiasakan diri menggunakan bra atau mungkin dapat dimulai dengan menggunakan miniset . Hal ini ditujukan agar proses pertumbuhan payudara anda dapat berkembang dengan baik dan bentuk yang baik pula . Supaya tidak kelihat kendur dan malah sulit untuk kembali ke bentuk semula .

  • Pinggul Membesar

Selanjutnya , ciri yang bisa anda temukan sehubungan dengan tanda wanita sudah pubertas adalah dengan berubahnya bentuk pinggul menjadi terlihat lebih besar dan melebar . Melebarnya pinggul seseorang tentunya bukan tanpa alasan . Hal ini dimaksudkan untuk mempersiapkan seseorang akan melahirkan nantinya saat sudah dewasa . Pinggul besar ini nantinya akan mempermudah proses persalinan dan membuat bayi yang dikandung oleh seseorang agar lebih mudah untuk dikeluarkan dari Rahim sang ibu .

  • Tumbuh Rambut Di Beberapa Area Tertentu

Selanjutnya , ciri yang bisa anda temui sehubungan dengan tanda-tanda seorang wanita sudah mengalami pubertas adalah dengan tumbuhnya rambut di beberapa daerah tertentu . Diantarannya adalah seperti rambut pada ketiak , rambut pada kaki atau tangan , dan rambut pada daerah kemaluan wanita .

Baca Juga : Cara Menggugurkan Kandungan

Tentunya pertumbuhan rambut ini tidak serta merta langsung tumbuh saja . Namun , proses terjadinya secara bertahap . Dimana , dimulai dengan timbulnya rambut-rambut halus yang tipis , hingga nantinya mulai terlihat dan akhirnya semakin menebal .

Ada baiknya anda untuk tetap membuat rambut tetap pendek dan rapi supaya tidak mengganggu aktivitas anda . Cukurlah dengan teratur untuk menghindari hal-hal yang tidak menyenangkan . Anda bisa mencari cara tentang bagaimana untuk mencukur rambut-rambut tersebut secara aman tanpa khawatir melukai bagian kulit anda .

  • Berkeringat Lebih Banyak Dari Biasanya

Nah , selain itu , ciri seseorang wanita sudah pubertas adalah dengan lebih banyaknya produksi keringat seseorang . Hal ini dikarenakan sesorang yang mengalami masa pubertas memiliki sekitar 2- 4 juta kelenjar keringat yang menjadi semakin efektif dan aktif dalam bekerja . Nah , keringat inilah yang kadang membuat seseorang menjadi tidak nyaman . Misalnya seperti bau badan , ketiak basah , dan lain sebagainya .

Nah , biasanya , untuk mengatasi hal tersebut , seseorang bisa menggunakan deodorant yang mana kini bisa ditemui secara bebas dan dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda sebab saat ini sudah banyak sekali berbagai jenis deodorant yang dijual . Anda juga bisa menggunakan kertas minyak untuk menyerap keringat atau minyak yang ada di wajah anda , supaya wajah anda tidak terlihat seperti kilang minyak . Anda juga bisa menemukan kertas minyak ini di jual dengan berbagai merk dari beberapa merk kosmetik remaja yang ada di pasaran saat ini . Jangan sampai keringat dan minyak malah akan mengganggu penampilan anda merasa malu ya !

  • Muncul Jerawat

Selanjutnya , ciri yang menandai bahwa seseorang sudah pubertas adalah dengan mulai munculnya jerawat di wajah . Jerawat sendiri merupakan sebuh tanda yang normal terjadi . Hal ini biasanya dikarenakan seseorang yang mulai mengalami masa pubertas akan menghasilkan keringat yang lebih banyak dari kelenjar minyaknya , dan akan menyebakan jerawat . Hal lain yang memicu munculnya jerawat adalah hormon , stress , berlebihan rias , dan lain sebagainya .

Biasanya , seseorang yang sudah pubertas juga di iringi dengan nalurinya yang semakin senang bersolek . Hal ini dapat mengatasi munculnya jerawat di wajah dengan menggunakan serangkaian skin care yang kini sudah dengan mudah ditemui . Atau , bisa juga dengan menjaga kebersihan dan sering melakukan control wajah ke dokter kecantikan .

  • Ketidakstabilan Emosi

Selanjutnya , ciri-ciri pubertas selain dari fisik dapat dilihat dari ketidakstabilan emosi seseorang yang mulai menginjak masa pubertas . Biasanya seseorang wanita yang menginjak masa pubertas mulai memiliki selera mood yang dapat berubah dengan ekstrim , dan mungkin tidak bisa mengendalikan emosinya . Hal ini merupakan hal yang wajar , sebab ketidakstabilan emosi ini juga bisa dipengaruhi oleh adanya hormone yang diproduksi saat seseorang mulai menginjak masa pubertas .

Baca Juga : Cara Melancarkan Menstruasi

Selain itu , hal ini mungkin akan diperparah saat seseorang wanita sedang mengalami masa pra menstruasi syndrome , dimana syndrome ini merupakan syndrome sebelum mengalami fase menstruasi . Biasanya emosi seseorang wanita di saat seperti ini semakin menjadi-jadi . Sehingga apabila candaan yang timbul bahwa seseorang wanita akan membuat orang lain serba salah saat sedang mengalami pra menstruation syndrome , mungkin sedikit banyak itu menjadi hal yang benar . Namun , jangan salah , dibalik hal tersebut , wanita yang mulai menginjak masa pubertas juga memiliki perasaan yang lebih lembut . Maka dari itu , jangan sampai menyakiti perasaan wanita ya !

Nah , itu dia beberapa informasi mengenai ciri-ciri yang mungkin muncul saat seseorang wanita mengalami masa pubertas . Semoga bermanfaat untuk anda dan dapat menjadi referensi untuk anda dalam mengetahui mengenai informasi ciri-ciri pubertas ini ya !

Updated: Juni 26, 2020 — 4:33 am