Makanan Dan Minuman Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Pada masa kehamilan maka seorang ibu tak hanya makan untuk dirinya sendiri, tapi juga untuk janin yang ada di dalam kandungannya, selama mengandung tersebut maka tubuh ibu hamil akan memerlukan nutrisi tambahan guna tumbuh kembang dan menjaga kesehatan sang bayi, oleh karenanya maka ibu hamil perlu untuk menembah 400 kalori hingga 500 kalori ekstra setiap harinya, di mulai sejak diwaktu awal kehamilan hingga pada waktu melahirkan dan bahkan pada waktu menyusui nantinya berikut ini adalah makanan dan minuman ibu hamil

Makanan yang Kaya Asam Folat

Asam folat itu merupakan salah satu nutrisi penting dalam pembentukan sel-sel otak bayi. Asam folat ialah senyawa yang banyak manfaatnya bagi kesehatan, sebagai nutrisi vitamin B9 yang ialah merupakan salah satu dari delapan jenis vitamin B kompleks.

Asam folat yang juga dikenal sebagai vitamin B9 dapat mencegah cacat lahir, dan penyakit Alzheimer, juga kanker. Sejumlah penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa jika terjadi kekurangan asam folat maka akan dapat berisiko mengalami masalah mental yakni seperti depresi.

Baca juga : cara menggugurkan kandungan

Selain itu, zat asam folat juga untuk membantu mengolah lemak serta karbohidrat. Kandungan asam folat juga diperlukan untuk pertumbuhan tubuh, dengan memiliki banyak fungsi  mulai dari membantu proses produksi DNA hingga ke pembentukan sel darah merah. Hasil penelitian ahli dalam Journal of American Medical Association menghasilkan temuan bahwa ibu yang mengkonsumsi asam folat sejak empat minggu sebelum kehamilan dan juga selama delapan minggu setelah kehamilan, maka dapat meminimalkan risiko autis pada bayinya hingga sebanyak 40 persen. Asam folat juga mampu mencegah keguguran, dan mencegah anemia, hingga untuk menurunkan risiko preeklamsia. Kandungan asam folat juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sistem syaraf. Ibu hamil bisa mendapatkan asam folat dari berbagai bahan makanan sebagai berikut.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah sumber asam folat yang cukup tinggi. Berbagai sayuran hijau tersebut antara lain seperti bayam, dan brokoli, juga sawi hijau serta kubis, kangkung juga brokoli daun selada dan lain sebagainya. Selain itu wortel dan jagung juga mengandung asam folat yang mampu mencukupi hingga 20 persen dari kebutuhan asam folat harian.

Buah-buahan

Asam folat juga bisa didapat dari buah-buahan seperti alpukat, apel  dan lain sebagainya. Terutama untuk jenis buah-buahan citrus yang paling tinggi mengandung asam folat. Ibu hamil bisa mengkonsumsi buah sitrus yakni seperti aneka jeruk, dan pepaya, juga anggur, serta melon, strawberry dan lain sebagainya. Buah Alpukat mengandung asam folat yang mencukupi hingga sekitar 22 persen kebutuhan asam folat harian. Selain juga mengandung asam lemak, dan vitamin K serta serat makanan.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang kedelai, dan kacang merah, juga kacang hijau, serta kacang polong, dan kacang tanah, juga brussel sprout, dan kacang lentil juga bisa menjadi sumber asam flolat, selain biji-bijian, jagung dan juga hati sapi, serta telur. jika ingin bayi yang cerdas maka penuhi kebutuhan asam flolatnya.

Protein Juga Penting

Berikutnya makanan berprotein tinggi juga penting bagi ibu hamil dan janinnya. Protein memiliki peranan penting dalam membantu proses pembentukan jaringan tubuh pada janin selama masa kehamilan. Selain itu protein juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil agar tidak mudah mengalami sakit. Protein bisa didapatkan dari ikan salmon, atau ikan kembung, dan hati sapi, juga daging unggas seperti ayam serta bebek  dan seafood, juga telur, serta berbagai makanan olahan susu dan lain sebagainya.

baca juga : Senam ibu hamil

Makanan Mengandung Zat Besi

Selain itu zat besi juga merupakan nutrisi penting untuk selama  kehamilan yang tidak boleh ketinggalan harus dikonsumsi juga. Makanan yang kaya zat besi dapat mencegah terjadinya anemia. Anemia dapat memicu berbagai masalah bagi kondisi janin, salah satunya ialah kelahiran prematur. Hal ini karena anemia membuat sel darah merah atau hemoglobin menjadi menurun, sehingga bisa  menyebabkan peningkatan volume plasma serta mengakibatkan kontraksi pada rahim. Zat besi juga bermanfaat untuk membawa darah yang kaya oksigen pada janin di dalam kandungan. Kekurangan zat besi dapat berpengaruh negatif pada IQ bayi. Zat besi yang penting bagi perkembangan otak bayi ini bisa didapatkan dari sayuran bayam, daging sapi serta unggas, juga telur, dan ikan kembung, juga tahu, dan biji-bijian, serta kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

Makanan yang mengandung EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid) 

Salah satu jenis asam lemak omega 3 ini merupakan komponen penting untuk pembentukan sistem saraf, dan mata, juga otak manusia. EPA dan DHA sebagai bagian dari Omega 3 bisa didapatkan dari bahan makanan sebagai berikut.

Ikan

Pada ikan seperti ikan kembung, dan salmon juga ikan kakap putih memiliki kandungan tersebut. Pada satu porsi ikan kakap putih maka akan terdapat sekitar 0,47 gram DHA dan juga 0,18 gram EPA. Selain itu, kakap putih juga kaya akan protein serta mengandung selenium yang baik guna mendukung pertumbuhan anak. Sedangkan pada satu porsi ikan salmon mengandung  DHA sebanyak 1,24 gram serta EPA sebanyak 0,59 gram.

Udang

Udang juga bisa menjadi salah satu omega 3 meski tidak sebesar pada ikan

Rumput laut

Rumput laut ialah tanaman yang mengandung EPA dan juga DHA, sayuran omega 3 ini bisa dibuat menjadi berbagai olahan makan atau dicampurkan dengan nasi dan lain sebagainya, selain itu penuhi kebutuhan serat alami dari buah dan sayuran serta kebutuhan minum setidaknya 8 gelas air putih sehari.

Updated: Juli 19, 2020 — 5:29 am