Memahami Fungsi Organ Penting Dalam Sistem Reproduksi Wanita

Sistem reproduksi wanita menentukan manusia untuk bisa mendapatkan keturunan . Banyak orang terutama wanita tidak sadar bagaimana pentingnya bagian dan fungsi dari sistem reproduksi . reproduksi adalah proses organisme yang akan menghasilkan individu atau generasi baru . Oleh karena itu pentingnya menjaga kesehatan reproduksi . Seorang wanita harus tahu bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksinya dengan cara mulai dengan membersihkan organ reproduksi wanita dengan benar , menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat , dan hidup sehat . Sistem reproduksi pada pria dan wanita sangat berbeda mulai dari sistem kerja hingga bagian-bagian dari sistem reproduksi .

Kemampuan untuk memproduksi pada manusia adalah kemampuan untuk menghasilkan keturunan . Reproduksi adalah proses seksual dengan cara bertemunya sperma ( gamet jantan ) dengan ovum ( gamet betina ) untuk menghasilkan generasi baru atau anak . proses ini disebut juga proses fertilisasi . Hasil yang di dapat dari proses ini adalah terbentuknya zigot . Zigot yang di hasilkan dari proses pembuahan akan berkembang menjadi embrio yang kemudian akan menjadi anak .

Untuk wanita ada beberapa bagian luar dari alat reproduksinya seperti vagina , labia minora , labia mayora , klitoris dan sebagainya sedangkan alat reproduksi wanita yang ada didalam bagian dalamnya seperti ovarium , rahim , dan tuba falopi . Ketika wanita masih berusia anak-anak , sistem reproduksi masih belum sepenuhnya berfungsi . Bagian-bagiannya akan berfungsi saat seorang wanita tersebut sudah memasuki usia remaja atau sudah merasakan masa pubertas penting untuk mengetahui fungsi dan bagian penting dari sistem reproduksi wanita . Dibawah ini adalah bagian dari organ penting dan alat reproduksi wanita dan fungsi lengkap :

  • Ovarium ( indung telur )

Ovarium atau indung telur adalah salah satu organ penting dari sistem reproduksi wanita yang memiliki fungsi untuk melakukan produksi sel telur dan hormon . Ovarium ini juga lebih sering dikenal sebagai dinding telur . Seorang wanita mempunyai sepasang ovarium yang terletak disebah pinggang bagian kiri dan kanan . Bentuk ovarium adalah oval dengan panjang sekitar 4 cm dan lebarnya 3 cm . Diameter dari ovarium adalah 2 cm .

Ovarium tersusun oleh tiga lapisan utama yaitu bagian permukaan , korteks , dan medulla . Bagian permukaan sebenarnya adalah bagian paling luar yang disusun dari epitel kuboid selapis dan korteks adalah bagian yang ada sesudah bagian permukaan yang berfungsi sebagai tempat sel folikel . Bagian lapisan terakhir adalah medulla , lapisan ini adalah lapisan yang paling dalam di ovarium dan disusun atas jaringan neorovaskular .

  • Mons Veneris

Bagian dari sistem reproduksi wanita adalah mons veneris . Ini adalah istilah yang digunakan untuk alat pelindung untuk kelamin perempuan . Mons veneris memiliki fungsi adalah untuk melindungi kemaluan dan tulang yang ada di sekitarnya . Selain itu , mons veneris akan membantu untuk merangsang seksualitas dan dapat menghasilkan bau .

  • Tuba Fallopi

Tuba fallopi atau saluran telur . Saluran telur ini berada dibagian kanan dan kiri rahim dengan panjang lebih kurang 10 cm . Bagian ini berfungsi sebagai saluran untuk sel telur dari ovarium yang akan menuju ke rahim .

  • Uterus ( rahim )

Bagian penting dari alat reproduksi wanita adalah uterus atau rahim . Berat rahim adalah 30 gram dengan tersusun oleh lapisan otot yang kuat . Rahim memiliki fungsi sebagai tempat yang digunakan pertumbuhan dan perkembangan janin . Otot yang ada pada rahim sangat elastis sehingga akan membantu untuk memompa janin pada saat proses kehamilan . Selain itu , bagian penting lainnya yang menyusun rahim adalah sel epitel . Sel epitel ini berada pada dinding rahim yang berfungsi sebagai pembatas antar dinding rahim atau uterus .

  • Vagina

Vagina adalah tempat keluarnya bayi pada saat seorang wanita menjalani proses kelahiran . Panjang dari vagina adalah 8 sampai dengan 10 cm . letak dari vagina ada diantara dua organ penting yaitu rectum dan kandung kemih . Vagina sebenarnya adalah penghubung antara rahim dan bagian luar .

Vagina juga menghasilkan selaput lendir . Selain sebagai tempat lahirnya bayi , vagina berfungsi juga sebagai tempat untuk menyalurkan lendir dan darah kedalam rahim .

  • Labia Mayora

Labia mayora biasa disebut dengan bibir besar kemaluan atau vulva . Bagian ini terletak dibagian luar kemaluan wanita . Labia mayora tersusun atas jaringan kelenjar lemak dan keringat . Organ dari sistem reproduksi wanita ini berfungsi untuk dapat melindungi daerah kewanitaan dan kotoran-kotoran .

Updated: Juni 22, 2020 — 3:53 pm