Metode Senam Untuk Ibu Hamil Dan Manfaatnya

Senam ibu hamil akhir akhir ini memang sangat populer sekali terutama di kalangan ibu-ibu muda, tapi tahukah anda bahwa senam hamil ini tidak hanya semata-mata mengikuti tren semata, tapi senam hamil ini memang memiliki banyak sekali manfaat positif bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya maka dari itu anda yang juga ingin mengikuti senam kehamilan, berikut ini adalah beberapa informasi tentang metode dan manfaat dari senam ibu hamil trimester 1 dan 2.

Nah pertama yang harus Anda ketahui sebelum mengikuti senam kehamilan adalah metode – metode yang digunakan dalam senam ibu hamil. Pada umumnya senam kehamilan memiliki 3 metode yang biasa digunakan yaitu sebagai berikut :

1. Metode bradley

Pada metode bradley ini lebih mengacu pada penerapan diet yang baik dan juga latihan rutin untuk mengurangi rasa sakit saat menghadapi persalinan nanti. Selain itu metode bradley ini juga akan mempersiapkan latihan untuk otot – otot saat akan persalinan dan juga payudara yang nantinya akan digunakan untuk menyusui. Nah karena metode ini berfokus pada persalinan, maka biasanya metode ini akan digunakan pada ibu hamil yang memasuki tahap awal kehamilan hingga sembilan bulan kedepannya. Karena memang metode ini sangat baik untuk mempersiapkan fisik dan mental ibu hamil dari awal kehamilannya. 

2. Metode lamaze

Yang kedua adalah metode lamaze, nah metode ini ditemukan oleh seorang dokter yang bernama Ferdinand Lamaze. Untuk metode ini memang lebih berfokus pada latihan intensif untuk mengubah respon negatif menjadi respon yang positif saat terjadi kontraksi. Karena itulah metode ini banyak menggunakan teknik relaksasi pada saat pelatihan. Jadi dapat dikatakan metode ini sangat cocok bagi Anda yang takut akan persalinan ataupun takut akan rasa sakit saat kontraksi. 

3. Metode dick read

Metode yang terakhir adalah metode yang biasanya baru akan dimulai saat usia kehamilan sudah memasuki bulan keempat. Untuk metodenya sendiri lebih berfokus pada kombinasi antara pengetahuan seputar persalinan dan juga teknik relaksasi, metode ini digunakan untuk memutuskan lingkaran rasa takut dan rasa sakit saat persalinan nanti. Selain itu pada metode ini para suami juga akan ikut mendampingi istri selama proses latihan, karena pada proses ini suami akan diajari bagaimana cara menemani istri saat nanti terjadi proses persalinan. 

Itulah beberapa metode yang biasanya dilakukan pada saat senam kehamilan, lalu setelah Anda mengetahui metode – metode yang digunakan maka sekarang tinggal mengetahui apa saja manfaat yang bisa Anda peroleh dari senam kehamilan ini, berikut adalah beberapa manfaat senam untuk ibu hamil.

Baca Juga : cara menggugurkan kandungan dan mempercepat haid

Lebih rileks

Manfaat senam untuk ibu hamil yang pertama adalah dapat membuat Anda menjadi lebih rileks saat akan menghadapi persalinan, karena gerakan – gerakan yang diajarkan saat senam kehamilan akan membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks. Jadi dapat dikatakan jika Anda mengikuti senam kehamilan ini akan mengurangi rasa sakit Anda nanti ketika persalinan. Terlebih lagi seperti yang telah kita ketahui bahwa rasa takut, tegang dan khawatir berlebihan saat persalinan akan sangat mengganggu proses persalinan. Jadi jika Anda ingin lebih rileks saat menghadapi persalinan maka ada baiknya Anda mengikuti senam kehamilan. 

Meminimalisir resiko terjadinya episiotomi

Manfaat yang kedua adalah meminimalisir resiko episiotomi. Jika Anda belum mengetahui apa itu episiotomi, episiotomi adalah tindakan penyayatan antara jalan keluarnya bayi atau vagina  dan anus, biasanya tindakan ini diambil oleh dokter untuk mengurangi robekan yang terlalu besar pada vagina saat proses melahirkan. Nah episiotomi ini biasanya akan terjadi ketika otot – otot pada panggul kurang lentur sehingga jalan untuk keluarnya bayi tidak terbuka dengan baik. Maka dari itu beberapa gerakan senam kehamilan dapat memperlentur otot – otot di panggul sehingga akan mempermudah proses persalinan. 

Menjadi lebih berenergi

Manfaat senam kehamilan yang selanjutnya adalah dapat membuat Anda menjadi lebih berenergi, karena seperti yang sudah kita ketahui semakin besar umur kandungan maka akan semakin lelah juga untuk ibu hamil beraktivitas. Karena itu dengan mengikuti senam kehamilan dapat menjadikan Anda lebih berenergi dan tidak mudah lelah seiring bertambahnya umur kehamilan, karena dalam senam kehamilan Anda akan diajarkan gerakan – gerakan yang dapat membantu Anda lebih kuat untuk beraktivitas dan menghadapi persalinan. Jadi jangan berpikir jika mengikuti senam kehamilan akan membuat Anda semakin lemas dan lelah karena itu sama sekali tidak benar. 

Membuat tidur lebih nyenyak

Manfaat yang selanjutnya adalah membuat tidur Anda lebih nyenyak. Karena biasanya ibu hamil akan cenderung merasa gelisah dan susah tidur di malam hari, entah itu disebabkan karena ketakutan akan proses persalinan atau kondisi badan yang kurang baik, maka dari itu dengan Anda mengikuti senam kehamilan ini akan membuat kualitas tidur Anda menjadi lebih baik. Dan hal ini telah dibuktikan oleh banyak ibu – ibu hamil yang mengikuti senam hamil dan mengatakan bahwa setelah mengikuti senam kehamilan lebih mempermudah mereka untuk tidur dengan nyenyak dan juga setelah itu pagi hari saat mereka bangun badan akan terasa menjadi lebih segar. 

Baca Juga : anatomi reproduksi wanita

Nah itulah beberapa informasi mengenai metode dan manfaat senam ibu hamil, semoga informasi diatas dapat membantu anda yang memang sedang mencari informasi senam kehamilan ataupun bagi anda yang memang hanya ingin menambah pengetahuan seputar kehamilan dan juga persalinan.

Updated: Juli 17, 2020 — 7:07 am